Kamis, 14 Februari 2013

musik dangdut

Musik dangdut, Keunikan dan Perkembangannya


Sebenarnya musik dangdut aslinya berasal dari India. Namun ketika masuk ke negara ini oleh para seniman musik kita kemudian dimodifikasi dengan cita rasa Indonesia. Sehingga munculah jenis musik lain yang lebih familiar dan akrab dengan telinga kita. Hal ini bisa terjadi karena banyak keunikan yang ada. 

Misalnya pada instrumen ketipungnya. Bila jenis musik lain menggunakannya sebagai alat musik tambahan saja, namun dalam konsep musik dangdut ketipung justru dijadikan sebagai instrumen nomor satu, sekaligus menjadi salah satu ciri khas utamanya. Irama dari alat musik ini diolah sedemikian rupa sehingga bisa menghasilkan jenis musik yang rancak serta dinamis. Akibatnya ketika mendengar musik jenis ini, kita seakan diajak untuk menggoyangkan pinggul dan badan untuk berjoged. 

Selain itu, seruling juga menjadi ciri sekaligus bagian dari keunikan musik dangdut. Suara yang ditimbulkan lebih mendayu-dayu dan lebih dominan dibanding denganinstrumen musik lainnya. Alunan merdu dari seruling ini juga mampu membuat kepala pendengarnya bergoyang atau bergeleng geleng mengikuti irama nada yang dimainkan.

Kemudian syair lagu dalam musik dangdut juga punya nilai keunikan tersendiri. Karena bahasa yang digunakan juga lebih jujur dan terbuka, maka tidak mengherankan bila banyak yang punya pendapat bila syair dari lagu dangdut merupakan syair lagu yang paling demokratis dibanding dengan syair dari jenis musik yang lain. Terutama bila menceritakan masalah cinta, perselingkuhan dan masalah lain yang bersifat melankolis. 

Di luar hal tersebut di atas, tentu masih banyak keunikan lain yang dipunyai oleh musikdangdut ini. Karena setiap orang atau penikmat musik pasti punya pendapat dan penilaian tersendiri. 

Perkembangan Musik Dangdut

Saat ini bisa dikatakan bila musik dangdut mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat pesat. Maka tidak mengherankan bila musik ini selalu menjadi yang terdepan dalam hal kepopuleran, dibanding dengan jenis musik yang lain. Ini bisa dibuktikan dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

1. Golongan penggemar
Sekitar duapuluh tahun yang lalu penggemar dari musik dangdut kebanyakan berasal dari golongan masyarakat kelas bawah. Namun saat ini hal tersebut sudah berubah sama sekali. Banyak orang yang berasal dari golongan atas juga menyukai jenis musikyang satu ini. Jadi, sudah merata tanpa mengenal perbedaan status sosial lagi. 

2. Tempat pementasan

Untuk masalah ini juga sudah mengalami perubahan yang sangat mencolok. Dulu musik dangdut lebih sering dipentaskan di kampung kampung pelosok di tengah lapangan yang becek atau panas. Namun sekarang di tempat tempat hiburan kelas atas juga sering menyajikan musik ini untuk memuaskan penggemar yang datang. 

3. Status penyanyi

Penyanyi dangdut selalu dikonotasikan sebagai seniman musik kelas rendah, kampungan, norak dan tidak berpendidikan. Ini adalah fenomena yang terjadi beberapa puluh tahun yang lalu. Namun saat ini keadaan tersebut sudah berubah sama sekali. Status penyanyi atau seniman musik dangdut kedudukannya sudah dipandang sama dengan penyanyi yang lain. Sehingga mereka tidak merasa rendah diri lagi untuk mengaku sebagai penyanyi dangdut. 

Yang disebut di atas hanyalah sebagian kecil dari bukti pesatnya perkembangan musikdangdut di tanah air. Selain itu, masih banyak fakta lain yang tidak bisa disebutkan di sini satu persatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar